Masyarakat Lombok

29 05 2010

Masyarakat lombok sebagian besar adalah Suku Sasak yang sering disebut juga dengan sebutan Sasak Lebung maupun Sasak Tulen. Suku sasak sangat tidak terkenal di dunia luar jika dibandingkan dengan suku-suku yang lainnya seperti Suku Sunda, Suku Jawa, suku Batak, bahkan Suku Asmat sekalipun yang daerahnya lebih plosok jika dibandingkan dengan pulau Lombok. saya sendiri tidak tahu kenapa demikian.

Saya pribadi sangat prihatin sekali dengan keadaan ini. Oleh karena itu saya bersama kawan-kawan mahasiswa di Malang yang berasal dari lombok bertekat untuk memperkenalkan Lombok pada masyarakat luas jika suku sasak itu ada. Kami merealisasikan tekad kami dengan membuat komunitas Kanak Sasak On IT. Melalui media Teknologi Informasi kami berusaha mempromosikan segala hal yang terkait dengan pulau Lombok dan Suku sasak.

Masyarakat Lombok terkenal sebagai masyarakat yang memiliki watak keras, apa karena namanya “Lombok” yang bersinonim dengan “Cabai”, saya rasa tidak. Munkin orang-orang beranggapan jika masyarakat Lombok itu keras karena seringnya mereka menyaksikan tayangan lewat media informasi tentang seringnya terjadi perang antar kampung di pulau Lombok.

memang benar adanya jika di Lombok sering terjadi peperangan antar kampung. Tapi tidak semua daerah seperti itu. hanya sebagian kecil daerah saja yang sering melakukan hal tersebut. Namun karena ulah mereka itu membuat nama Lombok tercoreng di mata masyarakat luas, seperti sebuah peribahasa mengatakan “Karena nila setitik rusak susu sebelaga”.

Daerah tempat sering terjadi perselisihan itu adalah daerah bagian selatan Lombok seperti Ketare, Penujak, Batu jai, dan beberapa daerah lainnya. Perselisihan itu terjadi karena masalah sepele saja. Biasanya awal permasalahannya diawali oleh Bajang (anak muda lombok). Chauvinisme (paham menggunggulak daerah sendiri) masyarakat masing-masing daerah ini yang tinggi yang membuat cepatnya terjadi peperangan antar kampung. Sampau kapan paham ini akan kalian pertahankan, paham yang hanya mendatangkan kerugian untuk kalian. Yang kalian dapatkan hanya kebanggan, tapi apakah kebanggan itu seimbang dengan kerugiannya, baik itu kerugian harta benda maupun jiwa.

Hilangkan Chauvinisme, bangun bumi lombok dengan menonjolkan hal positif……!!!!!!!!!!!!!!!!


Actions

Information

5 responses

29 05 2010
Pelecing kangkung Wajib « KANAK SASAK ON IT

[…] ada banyak sekali mahasiswa yang berasal dari lombok yang menuntut ilmu di kota ini. Jika tidak heran jika ada berbagai macam komunitas perkumpulan […]

30 05 2010
Resep Pelecing Kangkung « KANAK SASAK ON IT

[…] a comment » Belum lengkap rasanya jika mengunjungi pulau lombok belum menikmati hidangan special pulau lombok yang bahan utamanya adalah […]

1 06 2010
Lombok Dalam Kegelapan « KANAK SASAK ON IT

[…] a comment » Nampaknya masyarakat lombok harus lebih bersabar lagi menghadapai pemadaman bergilir yang sering dilakukan oleh PLN. Pembangkit […]

16 09 2010
Great Bomb

Kalau mau terkenal harus promosi donk…

9 10 2010
Rodenk Jarots

Betul… Betul… Betul…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: